6 Pertimbangan dalam Pemilihan Warna Kemasan Produk UKM
https://sby-corporation.blogspot.com/2014/12/6-pertimbangan-dalam-pemilihan-warna.html
Warna kemasan akan membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain. Dalam kajian psikologi warna, warna kemasan berdampak pada pengiriman pesan bawah sadar pada konsumen.
Sejak tahun 2006, direktur SBY Corp. telah mengikuti hampir seratus lebih diklat di berbagai daerah. Tema diklat terbanyak adalah masalah kemasan. Pemilihan kemasan untuk produk UKM memang sangat penting.
Dalam memilih warna kemasan yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
1) Buat produk Anda tetap ada di pikiran konsumen, dengan cara posisikan diri Anda berada pada posisi target pasar untuk melihat apa saja yang memotivasi mereka untuk membeli produk Anda. Apakah karena faktor usia, jenis kelamin, status ekonomi, atau strata pendidikan mereka?
2) Menentukan tujuan produk Anda dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada pembeli melalui kemasan produk Anda. Apakah ini tentang pesan profesional yang serius dan konservatif, atau mungkin tentang kesehatan dan kesejahteraan. Atau bisa juga untuk membuat customer merasa baik, ataukah membantu masalah atau kendala mereka. Atau justru ingin menunjukkan pesan mewah, keangggunan, ataupun kecanggihan produk Anda. Pastikan warna dan pesan yang Anda sampaikan tepat!
3) Pahami juga budaya target pasar terkait makna yang melekat pada suatu warna dalam budaya tertentu sebelum Anda membuat pilihan.
4) Pilih warna berdasarkan pesan yang ingin Anda kirimkan pada target pasar bersama dengan informasi di atas.
5 Buat kemasan produk Anda lebih menonjol bagi target pasar Anda agar dapat menarik perhatian pembeli produk Anda.
6) Menguji warna kemasan Anda di pasaran untuk menentukan keberhasilan pemilihan warna tersebut, dan jika diperlukan buatlah perubahan untuk mengoptimalkan kemasan produk Anda.
(Disadur dari www.bisnisukm.com)
-www.sbycorporation.com-
Santun Membangun