Ketika Tempo Pelunasan Utang Semakin Dekat


Sudah bukan rahasia lagi, usaha kecil menengah (UKM) sulit berkembang tanpa utang. Seakan itu sudah menjadi prinsip. Fakta pun menunjukkan demikian. SBY Corp. pun tidak terlepas dari bantuan pinjaman modal. Alhamdulillah, Pemerintah RI sangat support, dalam hal ini Pemkab. Lamongan, terhadap usaha-usaha kecil semacam kami, dalam bentuk memberikan bantuan pinjaman modal. Kami sangat terbantu dengan perhatian Pemerintah RI dengan pemberian pinjaman lunak. 

Ketakutan terbesar kami adalah ketika bisnis mengalami penurunan penjualan sementara waktu pelunasan utang hampir tiba lantas kami tidak mendapatkan uang untuk melunasi. Itulah ketakutan terbesar kami sepanjang sejarah usaha ini. Sementara kami terbebani kewajiban untuk segera mengupah karyawan-karyawati kami. (Simak annual report kami di sini)



Dalam kondisi yang sepelik itu, tiada lagi yang kami sandari kecuali Tuhan Semesta Alam. Dengan bersandar kepadaNya, hati menjadi tenang dan secara menakjubkan, bantuanNya datang pada saat yang sangat tepat, sehingga kami dapat melunasi utang. Dia benar-benar Maha Adil dan Maha Tahu.

Ketika itulah kami merasa kebahagiaan yang sangat besar. Betapa, kita lahir tanpa membawa apa-apa dan dapat memiliki usaha sebesar ini, kalau bukan berkat kehendakNya. Kenikmatan tiada terkira kami rasakan setiap kami mendapatkan kejadian pelik tersebut lantas mendapatkan pertolonganNya. Kuncinya hanya kepasrahan yang total kepadaNya.

Kiranya apa yang kami alami ini menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sesama UKM. Dan mengakhiri postingan kali ini, agaknya kisah berikut menjadi renungan kita bersama. 

Dari Abul ‘Abbas ‘Abdullah bin ‘Abbâs Radhiyallahu anhuma , ia mengatakan, “Pada suatu hari, aku pernah dibonceng di belakang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, ‘Wahai anak muda, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: ‘Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Jika engkau memohon (meminta), mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, bahwa seandainya seluruh umat berkumpul untuk memberi suatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak akan dapat memberi manfaat kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah untukmu. Sebaliknya, jika mereka berkumpul untuk menimpakan suatu kemudharatan (bahaya) kepadamu, maka mereka tidak akan dapat menimpakan kemudharatan (bahaya) kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.’” [HR. at-Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadits ini hasan shahîh.”]

Related

Profil 8809530997993292210

Posting Komentar

Santun Membangun

emo-but-icon

Nasi Boranan Maskot Kerupuk SBY'LA

Nasi Boranan Maskot Kerupuk SBY'LA
UMKM SBY'LA Produsen Kerupuk Kedelai Legendaris Melaunching Maskot Baru Bertema Nasi Boranan Makanan Khas Kabupaten Lamongan

Raja Krupuk Kedelai

Krupuk Kedelai SBY

Krupuk Kedelai SBY
Krupuk Kedelai SBY

SBY Corporation

Cari Blog Ini

Hot in week

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

item