Beratnya Pemasaran Di Mata Pengusaha Kecil

Direktur SBY Corp. berpose bersama karyawatinya 
usai diklat Peningkatan Teknologi Proses Produksi Industri Kerupuk



Sudah menjadi rahasia umum bahwa tonggak keberhasilan sebuah usaha adalah pada pemasaran (marketing). Puluhan kali, bahkan hampir seratus kali, kami mengikuti diklat, sebanyak itu pula pembicara/pemateri diklat menyampaikan bahwa selain kemasan produk, pemasaran produk jauh lebih penting. Produk sebagus apapun, dengan kemasan sebagus apapun, tidak akan laku keras jika pemasarannya loyo atau tidak profesional dan masif.



Pun demikian, kami sudah merasakan beratnya pemasaran. Barangkali teman-teman pembaca yang juga pelaku UKM merasakan beratnya pemasaran. Pemasaran secara riil, sangat berat karena harus berhadapan dengan sesama pelaku UKM, belum lagi harus berhadapan dengan keras dan 'kejam'nya kondisi pasar, dimana untuk memasukkan sebuah produk ke pasar, harus penuh perjuangan dan kerelaan. Kerelaan untuk melepaskan produk dengan harga yang tidak sesuai impian.

Kami pun merasakan betapa pemasaran menjadi tonggak usaha kami dan beratnya pemasaran jika harus menghadapi kenaikan biaya produksi akibat kenaikan harga-harga bahan baku. Jika kami harus menaikkan harga eceran produk kami, tentu pasar akan berteriak menolak, dan bisa-bisa produk diboikot atau bahkan difitnah dengan kabar yang buruk.

Sebagaimana kami telah jelaskan sebelumnya, betapa produk kami pernah dibeli oleh seorang sales atau pelaku marketing dengan harga yang fantastis, namun ternyata produk kami dijual dengan cara dioplos dengan produk lain kemudian dikatakan bahwa produk SBY kini merosot dan tidak enak dan bla... bla... bla... Kontan, penjualan kami menurun drastis.

Oleh karenanya, sebagai pelaku UKM, hendaknya lebih giat lagi memperhatikan masalah pemasaran, atau lebih care lagi kepada rekanan yang menjadi distributor dan agen.


Related

Marketing 2078921804249081388

Posting Komentar

Santun Membangun

emo-but-icon

Nasi Boranan Maskot Kerupuk SBY'LA

Nasi Boranan Maskot Kerupuk SBY'LA
UMKM SBY'LA Produsen Kerupuk Kedelai Legendaris Melaunching Maskot Baru Bertema Nasi Boranan Makanan Khas Kabupaten Lamongan

Raja Krupuk Kedelai

Krupuk Kedelai SBY

Krupuk Kedelai SBY
Krupuk Kedelai SBY

SBY Corporation

Cari Blog Ini

Hot in week

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

item